Perawatan kaos atau kain berwarna putih memang memerlukan perhatian dan cara khusus agar tidak mudah rusak. Kaos putih apabila tidak dirawat sebagaimana mestinya, tentu saja warnanya akan menjadi kusam dan kotoran sulit untuk dihilangkan.

Lantas, bagaimana kah langkah perawatan paling tepat agar kaos putih tetap cemerlang, terjaga wananya dan tidak terlihat kusam?

Di bawah ini kami ulas beberapa poin cara merawat kaos putih agar tetap terlihat cemerlang sekalipun sering dipakai.

Hindari Pemakaian Seharian

Dalam mengurangi kemungkinan kaos putih Anda menjadi kotor dan kusam, mulailah untuk tidak mengenakannya selama berhari-hari. Cukup kenakan kaos putih hanya pada saat momen tertentu saja.

Misal, pada saat di luar ruangan, pertemuan informal dengan kerabat kerja dan lain sebagainya. Segera ganti kaos putih dengan outifit lainnya tepat setelah Anda acara selesai.

Jangan Memakai Kaos Putih Saat Sedang di Luar Ruangan

cara menghilangkan noda luntur 4

answcdn.com

Jika Anda adalah orang yang memang benar-benar berkomitmet menjaga kaos putih agar tidak kusam , maka sudah semestinya Anda menghindari penggunaan kaos putih saat berada di luar ruangan.

Penggunaan kaos putih di luar aktifitas lapangan akan memicu sisa kotoran tubuh dan keringat menempel di serat kaos putih. Ditambah lagi dengan adanya debu dan polusi yang bisa saja merusak warna pada kaos putih kesayangan Anda.

Jangan Membungkus Kaos Putih dengan Bahan Plastik

Sebaiknya hindari menggunakan kantong plastik saat membungkus kaos warna putih. Tak lain hal ini menyebabkan proses penguningan semakin cepat karena adanya efek panas.

Sebagai jalan alternatif, Anda bisa menggunakan pembungkus kaos yang berasal dari bahan kain, semisal tas kanvas atau totte bag.

Jangan Biarkan Kaos Putih Tertumpuk Lama di Tempat Pakaian Kotor

cara menghilangkan noda luntur 3

mominspiredlife.com

Cuci kaos putih Anda dengan segera. Jika tidak, jamur akan merubah tampian kaos putih dengan cepat dan sulit untuk dihilangkan. Pakaian kotor yang dibiarkan begitu saja sema tiga hari tentu saja akan mengalami kelembaban.

Sehingga jamur akan menempati serat-serat pada kain. Usahakan untuk membuat jadwal khusus untuk mencuci pakaian berwarna putih. Karena pakaian tersebut sangatlah rentan terkena jamur.

Jangan Campur Kaos Putih dengan Kaos Warna Lain Saat Mencuci

Pastikan kaos warna putih dan kaos warna lain terpisah saat akan mencuci. Terlebih kaos-kaos yang berwarna mencolok. Seperti kaos warna merah, biru dan hijau. Hal ini penting agar dapat mengindari kelunturan warna yang bisa saja dapat terjadi.

Tuangkan Pemutih Secukupnya

Apabila kaos putih Anda sudah terlanjur berwaran kekuningan, tetaplah tengan dan jangan panik. Anda dapat mengusir noda kuning tersebut dengan larutan pemutih. Cukup kucek sisi kaos putih Anda yang terkena noda kuning dengan pemutih seperlunya.

Jika sudah, Anda bisa merendamnya bersama pemutih selama beberapa menit saja. Lalu Anda juga bisa menuangkan air panas seusai diberi detergen. Dengan demikian, kaos Anda akan nampak cemerlang kembali. Sepert kaos putih yang baru saja dibeli.

Perhatikan Bagian Tersembunyi pada Kaos Putih

Pastikan Anda sudah memperhatikan beberapa bagian tersembunyi seperti ujung lengan kaos, ketiak dan kerah. Bila perlu, gunakan sikat berbulu halus untuk membersihkannya.

Jika kaos putih dirasa cukup bersih, jemur kaos itu ditempat yang terkena sinar matahari langsung. Hal ini bertujuan agar tetap kering. Akan lebih baiknya lagi jika Anda menjemurnya dengan gantungan baju. Sehingga kaos putih dapat terhindar dari karat atau kotoran yang menempel pada jemuran.

Wizam Robbani

    Your Turn To Talk

    Leave a reply:

    Your email address will not be published.