Kaos polos Gildan belakangan menjadi populer di tanah air semenjak 3 tahun yang lalu. Tak lain hal itu disebabkan oleh maraknya pesanan kaos polos Gildan yang diyakini memiliki kualitas kontrol terjamin.

Lambat laun sejumlah supplier kaos polos Gildan mulai banyak ditemukan, mereka berlomba-lomba menawarkan produk tersebut dengan harga terbaik. Ditambah lagi saat Gildan secara resmi mulai merekrut distributor resmi untuk wilayah Indonesia.

Hingga saat ini, Gildan merupakan sebuah produsen kaos polos yang masih menjaga kualitas komposisinya yakni katun alami murni. Beragam varian warna pun disuguhkan. Seiring berjalannya waktu Gildan telah menjadi penguasa pasar yang telah berhasil menyaingi produsen kaos lokal.

Terlepas dari kehebatannya, pernahkah kita berpikir mengapa Gildan begitu fenomenal dan mendunia?

Di bawah ini terdapat sejarah pajang awal mula perusahan Gildan bisa tembus pasar dunia sebagai produsen kaos polos terbaik abad ini.

Cikal Bakal Berdirinya Kaos Gildan

Sejarah Gildan

ibrandsports.com

Gildan awalnya berdiri tepatnya di tahun 1984. Perintisnya ialah Greg Chamandy dan Glenn Chamandy. Mereka berdua mendirikan perusahaan Gildan dengan mengakuisisi salah satu pabrik garmen di Montreal, Canada.

Mulanya tujuan berdirinya Gildan kala itu hanyalah sebagai pemasok kaos untuk anak perusahaannya, yakni Harley Inc.

Mengawali Debutnya Sebagai Produsen Pakaian

Sejarah Gildan

ethicstar.com

Harley Inc secara resmi ditutup pada tahun 1994. Karena Gildan ingin fokus pada ekspansi bermerk Gildan Activewear. Tiga tahun kemudian, Gildan merintis pabrik garmen di wilayah San Pedro Sula, Honduras.

Di tahun tersebut Gildan menjadi salah satu produsen activewear grosiran yang memperoleh standar sertifikasi Internasional pertama. Di dalamnya berisi penilaian terhadap spesifikasi seragam standar bagi pabrik tekstil.

Sertifikasi itu juga mengklarifikasi bahwa proses produksi kaos Gildan telah teruji memiliki kandungan rendah akan jumlah zat berbahaya berdasarkan tolok ukur yang sudah ditetapkan.

Hebatnya lagi, Gildan telah menerapkan proses produksi ramah lingkungan. Ia menggunakan manajemen limbah biologis yang dicampurkan dengan gravitasi dan mikroorganisme. Dengan demikian produsen kaos Gildan lulus uji sistem pengelolaan limbah dari pemerintah setempat yakni Honduras dan Republik Dominika.

Penggunaan sinar matahari merupakan manipulasi kimiawi yang dilakukan dalam sebuah sistem produksi agar dapat mengurangi jumlah bahan kimia jahat beserta pewarna limbah.

Brand Unggulan di Amerika

Sejarah Gildan

printwearmag.com

Berkembangnya produsen kaos Gildan semakin memperkuat sistem yang ia kelola. Dalam kegiatan bisnisnya, perusahaan ini menggunakan sejumlah teknologi canggih dengan upah yang minim.

Maka tak heran jika harga jual yang ditawarkan kaos Gildan amat bersaing di Tiongkok. Seperti yang kita tahu bahwa di negara tersebut harga produknya cenderung paling murah jika dibandingkan dengan yang lain.

Kesejahteraan karyawan mereka juga tak luput dari perhatian. Produsen Gildan berusaha memberikan layanan kepada karyawannya seperti fasilitas klinik kesehatan di area lingkup perusahaan.

Sistem yang serba teratur dari atas ke bawah (vertikal) menjadikan Gildan kian dipercaya publik dari tahun ke tahun. Tak lama berselang, perusahaan dengan jumlah pekerja hingga 1.200 orang itu menyabet gelar salah satu perusahaan pemasok kaos polos terbaik di Amerika Serikat pada tahun 2001.

Ekspansi Pabrik dan Variasi Produk

Sejarah Gildan

dori.co.nz

Seusai menjadi nomor satu di Amerika, Gildan memperluas wilayah pemasarannya hingga keluar benua. Beberapa upgrading kapasitas dan pembenahan pun dijalankan.

Semua proses itu berjalan secara mandiri. Mulai dari pemotongan, pemberian warna, penjahitan hingga sentuhan terakhir (finishing) dilakukan di perusahaannya sendiri.

Ekspansi perusahaan di tahun selanjutnya. Seusai berhasil mendirikan pabrik di Rico Nance, Honduras, Gildan merintis kembali masing-masing satu cabang pabrik di wilayah Nicaragua dan Republik Dominika.

Wizam Robbani

    Your Turn To Talk

    Leave a reply:

    Your email address will not be published.