Menjadi ibu rumah tangga, khususnya mereka yang masih mempunyai balita, kotoran yang menempel pada pakaian adalah hal wajar. Mulai dari ketumpahan makanan sampai minuman, seringkali ulah si kecil yang menggemaskan ini berguling-guling di halaman jika sedang bermain bersama teman-teman sebayanya.

Oleh karena itu, alangkah baiknya ibu-ibu di rumah segera membersihkan noda yang tertempel di pakaian, sebab bisa jadi beberapa partikel noda akan semakin kuat meresap ke dalam serat pakaian jika dibiarkan terus menerus.

Terlebih jika pakaian itu tidak sengaja tercuci bersama pakaian lain ke dalam mesin cuci. Noda pada pakaian itu masih terlihat namun agak luntur. Tak lain ini merupakan sisa dari noda-noda membandel yang belum sempat ibu bersihkan akan tetapi sudah terlanjur melalui proses pencucian hingga mengering.

Kami tahu bahwa sibuk dan padatnya pekerjaan dalam rumah maupun kantor kerap membua ibu-ibu belum sempat membersihkan langsung noda-noda yang baru menempel itu. Ditambah lagi kalau harus memeriksa satu persatu dulu pakaian mana yang akan dimasukkan ke mesin cuci.

Nah, agar lebih mudah, di bawah ini kami akan mengulas tentang bagaimana cara menghilangkan noda luntur pada pakaian. Yuk, ibu-ibu simak ulasannya.

Ketahui Macam Noda Luntur pada Pakaian

cara menghilangkan noda luntur

reference.com

Dalam membasmi noda luntur pada pakaian, cara pertama yang perlu ibu laksanakan ia mengetahui terlebih dahulu macam noda apa yang terdapat pada pakaian. Sejatinya noda pada baju dapat diklasifikasikan dalam dua kategori, yakni noda non-protein dan noda protein.

Noda protein adalah suatu macam noda yang memiliki unsur protein di dalamnya, seperti darah atau keringat yang keluar dari tubuh manusia. Bisa juga makanan yang mengandung susu, seperti yoghurt dan eskrim.

Sementara noda non-protein ialah noda yang bersifat sinteti, semisal noda cat atau tinta. Bisa juga noda dari teh, buah-buahan, kopi bahkan rumput.

Tiap-tiap macam noda tersebut memiliki cara pembersihan yang tidaklah sama. Agar ibu-ibu di rumah tidak perlu mengulangi lagi proses pencucian, maka sangatlah penting untuk memahami jenis noda luntur di pakaian sebelum membersihkannya.

Cara Menghilangkan Noda Luntur Protein pada Pakaian

cara menghilangkan noda luntur 3

mominspiredlife.com

Intinya, hampir setiap macam noda protein pada baju mampu dihilangkan dengan menggunakan deterjen yang mengandung enzim. Kinerja deterjen yang mengandung enzim hampir sama dengan deterjen yang tidak berenzim.

Akan tetapi deterjen mengandung enzim diyakini lebih maksimal dalam menghilangkan noda. Usut punya usut, formula enzimnya lah yang mempu memecah kandungan protein dalam noda.

Khusus untuk noda luntur, ibu-ibu sebaiknya mencuci ulang baju tersebut dengan air hangat antara 30 hingga 40 derajat celcius ke dalam mesin cuci. Kemudian tuangkan deterjen berenzim secukupnya. Hindari penggunaan air panas, sebab noda justru akan semakin meresap ke serat pakaian.

Cara Menghilangkan Noda Luntur Non-Protein pada Pakaian

cara menghilangkan noda luntur 2

girlsallaround.com

Dalam menghilangkan noda luntur non-protein pada pakaian, pencucian ulang menggunakan deterjen berenzim dan air hangat nyatanya tidak selalu efektif.

Cara menghilangkan noda luntur non-protein adalah dengan dengan mengoleskan deterjen berenzim langsung pada areanya. Hal itu dilakukan tepat sebelum dimasukkan ke mesin cuci.

Agar hasilnya lebih optimal, jangan mengoles deterjen bubuk pada pakaian. Yang mana menyebabkan adanya bekas. Untuk itu, gunakanlah deterjen cair dengan tidak hanya lembut di tangan, namun juga tinggi tingkat kelarutannya.

Cara Menghilangkan Noda Non-Protein Luntur di Baju Putih

cara menghilangkan noda luntur 4

answcdn.com

Sudah menjadi hal yang lumrah jika baju putih memang memerlukan pembersihan khusus. Yuk ikuti tips di bawah ini supaya kita tahu apakah baju putih tersebut telah bersih dari noda luntur atau belum.

  1. Baking soda dan cuka mengandung zat alami yang terbukti ampuh dalam membersihkan baju secara efektif sewaktu proses pembersihan dalam mesin cuci
  2. Campurkan 1/4 sampai 1/2 cangkir baking soda dengan deterjen
  3. Sebagai alternatif, tambahkan larutan pemutih secukupnya saat merendam baju (pre-wash) selama 15 menit.

Wizam Robbani

    Your Turn To Talk

    Leave a reply:

    Your email address will not be published.