Metode sablon kaos manual merupakan cara terpopuler dalam bidang penyablonan dan percetakan. Tidak hanya peralatannya murah dan sederhana, mutu dari sablon kaos manual sejauh ini tidak dapat disaingi.

Sekalipun itu kaos digital, jika mutunya kurang bagus maka harganya tidaklah semurah kaos dengan teknik sablon manual. Di sisi lain jasa penyedia kursus sablon manual kian marak ditemukan. Sehingga persaingan antar jasa sablon, khususnya yang menggunakan teknik manual semakin ketat.

Dalam artikel ini kami mengulas beragam wawasan terkait macam-macam sablon kaos manual. Macam sablon kaos manual yang dijelaskan disini ialah yang umum digunakan oleh pebisnis jasa sablon kaos Indonesia.

Karet GL (Rubber)

Sablon Rubber

talentasablon.com

Sablon macam ini adalah seringkali digunakan pada beberapa konveksi kaos. Selaras dengan namanya, sablon kaos yang berasal dari karet GL memiliki kadar elastisitas serta tingkat kerapatan yang baik.

Wajar jika karet GL mampu meng-cover permukaan warna kain secara sempurna. Kaos rubber atau karet GL menjadi favorit sebagian anak muda karena cocok digunakan dalam warna sablon apapun.

Sablon rubber juga bisa dipakai sebagai underbase, selain fungsi utamanya sebagai bahan sablon. Underbase merupakan sebutan untu tinta dasar guna menutup warna kain sebelum proses sablon warna yang lain. Underbase umumnya dipakai pada kaos warna gelap, khususnya kaos hitam.

Keunggulan dari sablon GL yang lain yaitu lebih awet sehingga tidak mudah rusak apabila disetrika. Terlebih jika dilapisi dengan coating, otomatis cat rubber akan semakin lentur sehingga sangat awet.

Pigmen

Sablon Pigmen

fitinline.com

Pigmen merupakan bubuk pewarna tinta sablon. Meskipun berbentuk bubuk, pigmen ternyata dapa meresap hingga ke dalam serat kain. Lain halnya dengan karet GL yang hanya untuk kaos warna gelap saja, maka pigmen khusus untuk kaos warna terang saja.

Sayangnya, bahan ini tidak dapat disablon pada kain kaos dengan warna gelap. Ini dikarenakan karakternya yang sulit mengalahkan karakter pemberi warana serat kaos. Otomatis, warna dari tinta pigmen pun tidak terlihat.

Karakternya yang tipis dan mudah menyerap menyebabkan kaos bersablon pigmen tekstur senantiasa terlihat meskipun telah disablon. Warna yang diproduksi dari cat pigmen bersifat rata dan lebih soli daripada tinta lain.

Karena hanya menggunakan sedikit tinta, sablon pigmen sangatlah cocok digunakan pada desain kaos berukuran besar atau lebar.

Superwhite

Sablon Superwhite

belajarmesin.com

Nyaris mirip dengan sablon pigmen, sablon macam ini juga mampu menembus serat kain. Namun tinta sablon cenderung lebih transparan, sehingga dapat diterapkan pada kain warna gelap.

Setidaknya ada dua jenis varian dari tinta sablon superwhite, yakni white untuk tinta warna putih serta color untuk tinta warna yang lain.

Ciri khas sablon tinta superwhite ialah warnaya yang agak pudar. Inilah yang menyebabkan superwhite layak dalam desain vintage bertemakan oldschool.

Tinta superwhite bisa dipadukan menjadi tinta sablon manual lain yakni jenis discharge.

Plastisol

sablon plastisol

rumahsabloncepat.com

Jenis sablon ini adalah jenis tinta yang berasal dari minya alias PVC. Keistimewaan yang terdapat pada sablon plastisol diantaranya mampu mencetak dot atau raster berukuran sangat kecil namun dengan hasil bagus.

Akan tetapi sablon plastisol memiliki nilai harga yang tinggi, baik dari segi bahan baku maupun biaya peralatan. Hasil sablonan plastisol tidak dapat kering jika dipanaskan pada suhu 160 derajat Celcius. Sehingga wajar jika sablon plastisol membutuhkan alat tambahan dalam hal pengeringan.

Supaya pengeringan menjadi maksimal, setidaknya dibutuhkan beberapa peralatan seperti flash curing, conveyor curing, hot gun dan sinar infra merah.

Wizam Robbani

    Your Turn To Talk

    Leave a reply:

    Your email address will not be published.