Sebuah sablon kaos yang saat ini marak dijumpai yakni sablon yang memakai polyflex sebagai bahan bakunya. Polyflex bersifat elastis. Sehingga sangat cocok digunakan sebagai bahan pembuatan kaos biasa bahkan jersey.

Polyflex berbentuk lembaran yang nyaris mirip dengan kertas stiker. Oleh karena itu, sering kali polyflex dan kertas flax disebut-sebut dengan istilah stiker polyflex. Daya rekat yang kuat pada polyflex membuat hasil cetakan sablon pada dapat bertahan hingga bertahun-tahun. Tentunya, hal itu juga harus didorong dengan perawatan yang baik.

Macam-macam Jenis Sablon Polyflex

Menurut segi karakter warna dan permukaannya, bahan polyflex yang biasa digunakan yakni sebagai berikut.

  • Jenis Polyflex Standar
  • Jenis Polyflex Glitter
  • Jenis Polyflex Reflektif
  • Jenis Polyflex Flock Beludru (dipakai pada sablon flocking beludru)
  • Jenis Polyflex Silver and Gold
  • Jenis Polyflex Fosfor
  • Jenis Polyflex Solid Color

Menggunakan Mesin Cutting (Cutter) Sebagai Alat Pemangkas

Polyflex

garudaprint.com

Tiap macam permukaan polyflex mempunyai pisau potong yang berbeda-beda, dicocokkan dengan karakter bahan masing-masing. Pemangkasan polyflex mengandalkan sebuah mesin yang dinamakan cutter alias mesin cutting. Ada juga yang menggunakan mesin vinyl cutter dan cutting potter.

Bahan polyflex sejatinya tidaklah murah, demikian juga dengan mesinnya. Maka wajar bila jasa cutiing stiker umumnya menghitung tarif potong polyflex per sentimenter sampai per milimeter.

Bahan Polyflex Sangat Cocok dalam Jersey Bahan Sintetis

Sablon polyflex jersey

kitaclothes.com

Kaos polos berbahan kain polyster atau teteron merupakan salah satu item yang menggunakan bahan polyflex dalam hal sablon. Namun untuk kaos polos berbahan cotton, hanya polyflex beludru saja yang paling pas dan baik digunakan.

Bahan polyflex dapat kita temukan pada penggunaan nomor punggung kaos olahraga atau jersey tim sepak bola. Penting untuk diingat bahwa, sablon polyflex tidak boleh disetrika tepat diatasnya. Karena hal itu akan menyebabkan kerusakan. Coba di luar bagian bahan itu saja yang boleh disetrika.

Peralatan dan Komposisi Pembuatan Sablon Polyflex

Polyflex Jersey

custombagus.com

Lantas, seperti apakah proses pencetakan sablon dengan mengandalkan bahan polyflex? Apakah menggunakan teknik sablon digital? Jawabannya adalah iya benar! Nah di bawah ini beberapa bahan dan peralatan yang perlu kamu siapkan.

  • Kaos atau jersey yang akan dicetak.
  • Printer khusus dengan tinta sublimation
  • Kertas polyflex
  • Mesin cutting stiker
  • Mesin heat press (pemanas)

Langkah-langkah Sablon Menggunakan Bahan Polyflex

  1. Buat dan siapkan sebuah desain, pakailah fungsi mirror serta cetak dalam penggunaan printer kertas polyflex
  2. Pangkas desain yang sudah dicetak dari mesin cutter (cutting stiker)
  3. Tarulah pola/desain tadi ke permukaan jersey atau kaos yang siap disablon (gambar menghadap kain)
  4. Tekan menggunakan mesin heat press. Tahap ini merupakan salah satu pemanasan agar desain dapat menempel. Sehingga lem stiker polyflex akan rekat secara sempurna pada kain.
  5. Dibutuhkan temperatur sekitar 180 derajat dalam proses tersebut. Tunggu beberapa detik, kemudian keluarkan.
  6. Kaos dibiarkan dingin terlebih dahulu, lalu lepas kertas stiker secara pelan-pelan.

Itulah ulasan terkain sablon polyflex beserta cara pembuatannya. Tahap pembuatan sablon menggunakan bahan polyflex ini terkesan gampang dan cepat. Sayangnya dibutuhkan modal besar dalam pengadaan beberapa mesin, salah satunya yaitu mesin cutting sticker.

Di sisi lain, bahan polyflex juga mengharuskan kamu untuk merogoh kocek dalam-dalam. Meskipun begitu, kamu tidak usah khawatir. Karena kini sudah marak jasa cutting sticker yang bisa kamu terapkan dalam penekanan biaya produksi.

Wizam Robbani

    Your Turn To Talk

    Leave a reply:

    Your email address will not be published.